Matic ini jelas Buas…!!!

terpana… itulah yang saya alami sesaat mellihat apa yg ada di depan mata..

begini ceritanya

sore pas lagi nambal ban sepeda anak, datang seorang teman saya, mas Eko (bukan Eko mojokerto tentunya :mrgreen: ) memakai Matic jenis VA*** sambil bawa ban baru,

pas sudah bongkar ban, baru saya penasaranย karena sepintas terlihat “kembang” ban belum terlalu habis kok diganti, kan sayang, akhirnya saya dekati dan tanya kenapa mau ganti,

heladalah… ternyata itu kembang telah bergelombang, lumayan sadis dan rapih menyeluruh seperti tercetak, jelas BUAS…..

bahkan menurut mas Eko (masih tanpa Mojokerto loh ya) pas dipake lumayan bikin endul endul , gimana kalo pas nikung, wow jelas mesti pelan lah..

cuma yang membuat mas Eko sendiri heran, kenapa cuma ban depannya saja ya?, ban belakang bulan kemarin sudah dia ganti karena tipis namun nggak mengalami masalah habis bergelombang.

namun sang bengkel ban bilang: rata-rata matic seperti itu loh mas, kalo ngga bergelombang, biasanya habis separuh..

apa betul kayak gitu kah mas Bro..?

saya tanya apa karena pernah jatuh sehingga mungkin ada bagian as yg agak bengkok (nyambung gak ya atau ngawur..? )

menurut mas Eko enggak..! dia pakenya sopan, dan belum pernah jatuhin tuh motor,

lah terus kenapa bisa ya…???

soalnya saya sendiri belum pernah punya matic,

atau hanya matic teman saya saja yg kebetulan bermasalah.?

mungkin ada mas Bro yg pernah mengalami atau tahu sebab dan cara buat ngatasinnya ya mas bro.. ๐Ÿ˜ฆ

Iklan

59 thoughts on “Matic ini jelas Buas…!!!

  1. Aby

    Mngkin kwalitas banya… Soalnya mio soul saya jg gt pas saya gnti ban sma sprti tu trs saya gnti irc gg gelombang gtu…

    Balas
        1. wijaya3 Penulis Tulisan

          ha..ha..ha..
          ya wong tinggal pake duitmu dulu,
          ntar kalo ada rejeki juga om ganti.
          (tapi kalo om kebetulan inget, biasanya sih slalu pura2 lupa :mrgreen: )

          Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      Bisa jadi..
      Tapi kenapa ban depan doang ya..?? Apa matic titik beban cenderung kedepan ya?
      (cuma sayang ga bisa liat kondisi ban belakang karena sudah ganti sebulan yg lalu… )

      Balas
  2. simol

    ban nya merk nya apa mas?? co*sa kah?? punya saya dan teman saya jg benjol2 begitu dan kebetulan saya dan teman saya pakainya merk co*sa…

    Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      cuacanya sadis..? bisa jadi ya..? tapi cuaca disini normal mas, masih di Indonesia ๐Ÿ™‚ trus ini ban juga made in Indonesia lho, mustinya cucok dong ya.?

      Balas
  3. seanomedic

    titik berat depan motor matic gak sama kayak bebek, matic shockbreakerx pendek + beban kedua kaki yg agak kedepan + sering kena lubang, mungkin maximum load ban nya mentok pas kena lubang n ditambah beban sektor depan, makax serat besi / baja yg tipis gampang putus..makax bengkak dak karuan…

    Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      Ehhmm, Maximal load yg over, nah mungkin ini iya, soalnya temen saya lumayan berbobot, tuh saya foto skalian (liat aja badannya memang berisi… :mrgreen: ) really sorry buat yg punya badan subur ya bro… Ini cuma lagi nyari tahu penyebab ban kemakan mas bro…

      Balas
  4. ukin

    kalo saya dban blkng..motorku mongtos lanang.
    klo mnurutku iku faktor pemakaian ban yg sering rodo kempes n sering main rem..klo saya suka rem blkg mgkn dia suka rem depan..ngunu lho pnjelasan sing ora jelas babar blass dr ku..

    Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      Siip mas Ukin, ntar tak coba tanyain apa benar kondisi ban-nya sering kurang angin..
      brarti gak cuma matic ya mas bro…

      Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      Menul-menul wkkkkkkk :mrgreen:
      oh iya mas, ban belakangnya ikut menul2 atau nggak mas..??
      Terus ban depan Sering kurang angin nggak mas..??

      Balas
  5. Aji Mumpung

    Pertamax, Motor matic berat beban sebelah kiri sesuai posisi mesin sehingga saat jalan kita harus menyeimbangkan berat kekanan yang dipengaruhi aspal jalan yg kemiringannya diluar standar. Dimana standarnya adalah 2 cm per mtr lebar jalan. tapi kenyataannya lebih dari 2 cm ketika pengaspalan (urusan PU dg kontraktor) terutama di kalimantan.
    Pada kecepatan 50km tdk berasa, tp bila dibawah 50kpj pasti terasa kemiringan motor matic. Makanya ban makan separo.
    Keduax, tekanan angin & kembangan ban yg menyilang plus bagian depan motor bebannya lebih ringan daripada belakang, ketika jalan tdk mulus pasti agak ngangkat/loncat2 sehingga terjadi gesekan putus2 di aspal. Makanya semakin kembangan menipis ban akan benjol2. Berlaku juga dimotor bebek.
    Ketigax, dulu pernah ada ban IRC yg kembangannya lurus semua alurnya. Nah itu ban dipastikan kaga benjol2 biar dah tipis. Tapi susah nyari kembangan gitu/katanya kembangan jadul.
    Silakan dibuktikan cmiiw.

    Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      yo nggih mas Eko,
      hasil wawancara pas ketemu sama mas beliau,
      selama ini memang kondisi ban depan dikurangi tekanan anginnya dengan alasan untuk mengurangi getaran pada saat lewat jalan desa yg tak beraspal (bahasa sininya ndragdag….)

      tapi untuk memvonis bahwa memang hal itu penyebab utamanya, diperlukan pengujian secara empiris yg melibatkan berbagai merk ban dan dilakukan pengkondisian yg sama (dikempesi sithik angine.. ๐Ÿ™‚ )
      ada sukarelawan ngga ya..? :mrgreen:
      #saya “suka” tapi nggak “rela”…hkkkk

      Balas
      1. An_Syahri

        Betul tuch kata mas Eko Mojokerto diatas mas… sayapun pernah ngalamin spt itu pada HSX125 saya dulu mas…

        Balas
        1. wijaya3 Penulis Tulisan

          sip mas Zahry buat pengalamannya, pasti berguna.
          omong-omong, tebakan Mas Eko koq tepat ya? opo karena sama-sama bernama “mas Eko” ikatan batinnya jadi kuat hingga jawabannya akurat… :mrgreen:
          makasih buat pencerahannya,.. ๐Ÿ™‚

          Balas
  6. dk3y285

    karena matic membawa CVT di sebelah kiri, jadi untuk menyeimbangkannya kita perlu agak miring kekanan makanya biasanya matic botak sebelah kanan
    saya punya vespa dan matic, klo vespa mesinnya di sebelah kanan, biasanya vespa botak sebelah kiri kebalikannya matic, yang biasa naik vespa pasti suka ngerasa harus miringan motor ke kiri, kan? cmiiw

    Balas
    1. byunee

      pantesan, motor matic ku botak sebelah kanan ban depannya, sampe setres gan mikirin mau bnerin dimana, trus aku minta tolong ayahku buat bawa ke bengkel dan kata tukang bengkelnya ban depan matic memang biasanya botak sebelah gt, oooaallaahhh gt to ceritanya ternyata, mkasih gan

      Balas
  7. rusydi hikmawan

    bener tuh. selama tiga tahun pake var***, ban depan sy selalu begitu. tapi gak pernah sy lihat di m*o, napa gitu ya. padhal berat bebannya sama, kan. mesti dikurangin dikit ya anginnya. boleh lah dicoba

    Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      @mas rusydi hikmawan : biasanya mas Rusdy kasih angin agak keras toh mas ? kalo yg saya tanya ke teman saya sih dia nya justru sering mengurangi kadar tekanan angin ban depannya, kalo iya berart betul mas Mojokerto dong ya, bahwa semua akibat kelebihan dan kekurangan, harus sedang2 saja :mrgreen:

      Balas
  8. yochi

    dan klo sy cermati hanya pada ban motor matic saja sdg untuk motor vespa teman sy bannya sampai gundul dan rata..
    malah Kata teman saya iku krn kualitas bannya belum matang..(emg sayur)

    Balas
  9. Bajaj

    Ban motor yamaha bawaan pabrik emang ada jg yg ga beres,motor ane bru turun dari dealer ban kempes walaupun tdk sampai habis anginnya,di tambah angin pagi terus siang sdh berkurang walaupun cm 4-5 psi.sdh pusing tuh mikirin ban selama 2 bulan.terpaksa ane kendarai tuh motor sering dlm kekurangan angin.pas ketemu sm tukang tambal ban yg baik hati,dia memberi tahukan klu ban sering kempes walaupun tdk bocor.. dia bilang ganti aja pentilnya.pas dia ganti pentilnya benar jg ga kempes lg.cuma sayang,ban sdh bergelombang krn tadinya motor sering di pake wkt ban-nya kempes.NASIB DASAR APESSS.

    Balas
  10. rosyid

    Var## ane juga kayak gitu yg depan, dah berkali kali lagi!, jadi gak usah sedih ya, banyak sohibnya yg senasib. Pdhal ban selalu lumayan atos gak empuk, jalan juga biasa, pemakaian jg spt motor merk lain, hati-hati. Kalau ane pikir, memang kulitas bannya yg jelekkk. Ane dapat info diganti merk irc ss530f. Coba saja.

    Balas
  11. andi w

    kalau menurut saya yg bermasalah bukan ban nya tapi konstruksi skutik itu sendiri yg membuat permukaan ban tidak rata. Konstrukasi bagian depannya kuran rigit atau kaku
    seperti vespa, jadi bila dipakai jalan tanpa terasa akan mengayun kiri kanan dan akhirnya membuat permukaan ban habis tidak merata.

    Balas
  12. harry

    saya pernah pakai motor bebek ban depan pernah seperti itu brenjol brenjol setelah saya ganti dan pakai angin nutrogen gk lagi brenjol brenjol, dan untuk matik kenapa ban sering habis sebelah dan yg habis selalu yg sebelah kanan saya ganti ban jg sama penyakitnya

    Balas
    1. edi

      Kalo saya jg sma kjadian nya ,mtor matic ymh mio j, dah 3 x gnti ban ,dr ban bwaan dialer smpe ban yg bermerk ok Fdr , tp tetep2 ja kejadianya ban abisny gk rata trutama sbelah kmbang kanan, kalo yg dpan udah sbelah kanan yg abis dluan dan bergelombang. Kra2 pnyebab yg masuk logika apa ya

      Balas
  13. oman

    Sama sperti punya saya jg gan..dari info yg sy tau katanya sih memang kualitas bannya yg kurang bagus. Desain nya payah.๐Ÿ˜€

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s