Posisi Mancal motor yg bener gimana sih mas Bro..?

Tadi pagi sekitar jam 07.20 pulang dari cangkulan (maklum the Night Emperor alias Kalong), di Jalan Raya II sekitar 16 Km dari kota Tegal seperti biasa saya pacu motor di 60Kpm, mendadak agak kaget saat dari belakang ada bunyi klakson tak henti-henti. Sekilas saya intip dari spion terlihat 2 motor laki berjejer hendak mendahului, segera saya agak menepi untuk memberi kesempatan lewat, tapi tetap Klakson menyalak hingga sempat bikin jengkel, dan pas mereka persis disamping saya pun masih terlihat jejer sambil “tin-tin-tin-tin”…  malah satu motor yg trondol tanpa box samping agak mepet ke saya lagi.. iki uwong terlihat gak punya adat istiadat di jalan, seenak udel aja.  Nah pas mereka agak didepan baru saya ngeh,  Ternyata… :mrgreen:

langsung si Nokiyem E5-00 5mp kluar dari kantong, sambil buntutin plus cari posisi aman dan beraksi, ” jepret…”

Entah apa yg menimpa si Megapro yg protolan, bodo amat..

Yg jadi pikiran selama saya mengekorin mereka, koq cara mancal atau dorong alias stut motor “bagi saya sendiri” agak kurang lazim:

  • Kenapa si pemancal  ada di kanan,? jikalau yg dipancal disebelah kiri tentu melawan dorongan, pas plong karena pemancal lagi oper gigi, ngeloyor deh kearah kanan, dan siPemancal juga mengikuti ke arah kanan juga (coba dibelakang ada yg ngebut.. wah repot)

Biasanya sih saya mancal dg kaki kanan karena kaki kiri saya bisa buat naik turunin gigi, dan konsentrasi bisa tetap kedepan kayak yang dibawah ini.?

(kalo diatas gambar dari om Google)

Tapi posisi seperti itu mungkin bukan masalah jika kita memakai motor matic yg gak butuh naik turun kaki buat ngoper gigi

.(gambar ini dari om Google juga)

Terlepas dari pemikiran pribadi atas keinginan agar ATPM memberi kelengkapan  tambahan berupa “tambang” untuk keadaan darurat, sebenarnya kalo sudah terpaksa, gimana sih cara yg benar dan aman buat mancal motor mas Bro..? atau sebenarnya aturan baku yg saya tidak tahu.?

About these ads

27 thoughts on “Posisi Mancal motor yg bener gimana sih mas Bro..?

    1. emasyayang Penulis Tulisan

      ohh.. apa brarti yg benar itu yg gambar Pak Polisi itu ya mas..?
      hmm.. tulung ntar pas perpanjang SIM motor, titip tanyakan ya mas. ? (SIM ku esih dowo umure jee.. :mrgreen: )

      Balas
    2. ekomoker

      simku malah wis mati 3th yg lalu :(
      mau bikin ,maleeesss , nanti aja dech kalo udah punya R4 mbikinya sekalian :D (mboohhhhh kapannnnnn)

      Balas
      1. wijaya3 Penulis Tulisan

        3 taon..?? buseeeetttt… lah kalo touring antar kota antar provinsi aman tho pak?
        walah..berarti pak Eko sakti dong ya… ?!

        Balas
  1. rusmanjay

    kalau gambar yang bawah mungkin karena yang mancalnya pake motor matic.
    kalau gambar yang diatas tergantung kebiasaan deh. kaki juga mesti injak persneling

    Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      waLah , berarti selama ini saya yg salah posisi yo mas..? nek ono vooting jelas saya habis dikeroyok dong ya..? :mrgreen:

      Balas
  2. kasamago

    krn g biasa mncal pas dsruh ndorong mtr temen mtr ane mlh goyang g karuan, mmng pancal sbnrny krg direkomendasikan, d jpang klo g slh tersdia lyanan derek motor.

    Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      kalo dulu sih didaerah saya “pancal memancal” nyaris jadi pemandangan yg umum..
      tapi sekarang mungkin karena motor lebih canggih jadi jarang mogok :) apalagi bengkel juga berceceran sepanjang jalan

      Balas
  3. Ical kemayoran

    Pake tali malah kadang beresiko mas jika dibelakang kurang waspada, bisa nabrak yg didepan kalo rem mendadak. Mesti hati-hati dan pelan saja.

    Balas
  4. ekomoker

    kalo menurut saya posisi “nyeteper” seperti gb di atas itu ga salah juga lha wong biasanya yg di pancal itu knalpotnya
    ada ga ya lomba dorong motor alias “nyetaper” internasional ? hahahahahahahahaha :D

    Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      lah terus yang dikasih piala yg mancal apa yg di pancal..? nek pialanya cuma satu, bisa berantem gara2 rebutan piala dong ya ? :mrgreen:

      Balas
    1. wijaya3 Penulis Tulisan

      maaf sangat mas bro, tadi komen sampeyan nyasar masuk bilik spam..
      Nanti biar saya coba stel ulang pengaturan biar lebih ramah…. (padahal sih saya lagi bingung cara nye-télnya wajajaja… :) terpaksa manual.)

      Balas
  5. wijaya3 Penulis Tulisan

    berarti kanan boleh, kiri silahken alias WARKOP DKI ya mas.. (kanan kiri oke)
    ada gak ya nemuin dua motor macet, terus dipancal pake kaki kanan dan kiri sekaligus…?? :mrgreen:

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s